Notification texts go here Contact Us Buy Now!

Memahami Jurusan Teknik Biomedis

Tujuan dari bidang ilmu teknik biomedik sebenarnya untuk mengembangkan teknologi dalam bidang kedokteran atau medis.
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated

Teknik Biomedik

Pengenalan tentang Jurusan Teknik Biomedis

Ketika mengunjungi rumah sakit, pasti pernah melihat berbagai perangkat canggih seperti pengukur detak jantung, CT-Scan, MRI, dan mesin rontgen. Semua peralatan ini merupakan hasil dari pengembangan teknologi, dan ilmu biomedis berperan penting di dalamnya. Jurusan Teknik Biomedis menggabungkan ilmu teknik dan ilmu medis.

Tujuan Jurusan Teknik Biomedis

Tujuan dari jurusan ini adalah mengembangkan teknologi dalam bidang kedokteran. Hal ini sangat bermanfaat untuk mempermudah proses diagnosis, rehabilitasi, pengobatan, dan penyembuhan pasien. Lulusan jurusan ini diharapkan dapat melakukan pengukuran, perawatan, dan kalibrasi peralatan medis di rumah sakit.

Selain itu, lulusan Teknik Biomedis diharapkan mampu mengembangkan teknologi dan perangkat baru yang berguna dalam bidang kesehatan. Dengan populasi yang terus meningkat, kebutuhan akan ahli di bidang kesehatan juga semakin meningkat.

Di jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari kelistrikan, biologi, kedokteran, kimia, komputer, elektro, dan berbagai ilmu lain yang spesifik di bidang biomedis dan teknik. Mahasiswa Jurusan Teknik Biomedis akan berinteraksi dengan peralatan medis dan hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan. Oleh karena itu, mahasiswa harus memiliki pengetahuan yang kuat dalam ilmu sains, kedokteran, dan teknik.

Kemampuan dan Keahlian yang Diperlukan Sebelum Memilih Jurusan Teknik Biomedis

  1. Ketekunan dan kecermatan
  2. Kemampuan berpikir kritis dan detail
  3. Kemampuan memecahkan masalah
  4. Sikap rasional dan observatif
  5. Kemampuan bekerja secara terstruktur dan terukur
  6. Wawasan dan pengetahuan yang luas
  7. Kemampuan analisis dan penelitian yang baik
  8. Alasan Memilih Jurusan Teknik Biomedis

Ada banyak keuntungan yang bisa didapat dari menjadi lulusan Jurusan Teknik Biomedis.

Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Jurusan Teknik Biomedis.Jurusan ini menggabungkan ilmu kedokteran dan teknik, sehingga tidak hanya ilmu biasa.

  1. Prospek kerja lulusan Jurusan Teknik Biomedis cukup luas, baik di Indonesia maupun di luar negeri, karena kesehatan merupakan masalah yang sangat penting.
  2. Indonesia masih mengandalkan impor peralatan kesehatan. Oleh karena itu, ada kebutuhan untuk mengembangkan dan menciptakan inovasi baru di bidang industri alat-alat medis di Indonesia.
  3. Jurusan Teknik Biomedis adalah pelopor dalam menciptakan dan mengembangkan instrumen medis masa depan. Jurusan ini cocok bagi mereka yang memiliki visi ke depan dan minat dalam bidang kesehatan.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Biomedis

Lulusan Teknik Biomedis memiliki beberapa pilihan karir yang masih banyak dibutuhkan saat ini. Mereka dapat menjadi teknisi atau laboran di laboratorium kesehatan atau laboratorium penelitian di institusi riset.

Dalam bekerja di laboratorium kesehatan, lulusan Teknik Biomedis tidak akan menghadapi kendala besar terkait teknik dan proses kerja karena sudah terlatih selama masa kuliah, hanya perlu menyesuaikan dengan SOP yang berlaku di laboratorium tersebut.

Selain bekerja di laboratorium kesehatan, lulusan juga dapat bekerja di bidang farmasi yang fokus pada produksi dan penyediaan obat-obatan ke rumah sakit. Lulusan Teknik Biomedis biasanya bertanggung jawab untuk pemeliharaan operasional atau kontrol kualitas peralatan industri yang digunakan oleh perusahaan farmasi.

Selain itu, lulusan Jurusan Teknik Biomedis dapat menjadi wirausaha. Mereka bisa mendirikan perusahaan yang memproduksi alat-alat medis atau menjadi pemasok barang-barang medis.

Lulusan Jurusan Teknik Biomedis juga diharapkan dapat membantu mengembangkan dan menciptakan inovasi baru dalam industri alat-alat medis di Indonesia. Semakin banyak ahli biomedis yang menciptakan perangkat canggih, ketergantungan negara terhadap alat medis impor akan berkurang. Pilihan karir lainnya bagi lulusan Jurusan Teknik Biomedis meliputi:

  1. Laboratorium Kesehatan
  2. Rumah Sakit (Pemerintah/Swasta)
  3. Perusahaan Obat/Farmasi
  4. Lembaga Penelitian
  5. Instansi Pemerintahan
  6. Tenaga Pendidik
  7. Wirausaha

Perguruan Tinggi yang Membuka Jurusan Teknik Biomedik

  1. Universitas Indonesia ( UI )
  2. Universitas Gajah Mada (UGM)
  3. Universitas Airlangga (UNAIR)
  4. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  5. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)
Baca juga :

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.