Notification texts go here Contact Us Buy Now!

Mengenal Jurusan Teknik Kimia

Teknik kimia adalah cabang dari ilmu teknik, yang mempelajari cara memproses bahan baku dan bahan kimia menjadi barang yang lebih berguna.
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
teknik kimia

Deskripsi Jurusan Teknik Kimia

Teknik kimia adalah cabang dari ilmu teknik, yang mempelajari cara memproses bahan baku dan bahan kimia menjadi barang yang lebih berguna.

Teknik kimia menerapkan prinsip-prinsip kimia, biologi, fisika dan matematika untuk menyelesaikan berbagai masalah dan tantangam yang dihadapi dalam proses produksi kimia, bahan bakar, obat-obatan, makanan dan produk lainnya.

Ada banyak bidang spesialisasi teknik kimia dan material. Beberapa contohnya adalah oksidasi (memanfaatkan reaksi oksigen dengan kimia lain untuk menghasilkan unsur kimia lain), polimerisasi (membuat plastik atau resin), nanomateri, hingga teknik biologi.

Selama kuliah, mahasiswa teknik kimia akan mempelajari sifat dan struktur besi, keramik, plastik, komposit, nanomateri (partikel-partikel kecil), serta zat-zat lainnya untuk menghasilkan materi lain yang memenuhi standar mekanik, elektrik dan kimia yang diminta atau dibutuhkan.

Jurusan ini mengajarkan cara merancang alat-alat berat yang digunakan untuk produksi skala besar, merencanakan dan menguji metode produksi, dan pemeliharaan fasilitas, supaya produksi dapat berjalan lancar. nantinya kamu akan banyak mengembangkan penelitian terkait desain molekular baru, sintesis, dan reaksi kimia untuk mewujudkan masyarakat ramah lingkungan.

Kemampuan dan Keahlian yang Harus Dikuasai Sebelum Memilih Jurusan Teknik Kimia

  • Kemampuan melakukan analisis
  • Kemampuan menyelesaikan masalah
  • Pemahaman kimia
  • Pemahaman matematika
  • Pemahaman fisika
  • Out of the box mind

Mengapa Harus Memilih Jurusan Teknik Kimia ?

Setiap produksi pembuatan bahan baku makanan, minuman, obat-obatan, peralatan dan perlengkapan sehari-hari, plastik, besi, dan sebagainya tidak pernah lepas dengan menggunakan bahan-bahan kimia. Selain jurusan Farmasi yang mempelajari cara kerja dan zat kimia, di jurusan Teknik Kimiapun kamu akan mendapatkan wawasan mengenai Ilmu Kimia lebih lanjut.

Jurusan Teknik Kimia dapat mempelajari ilmu kimia secara teori maupun praktek. Bagi kamu yang memiliki minat dan kemampuan akan tenik di bidang Kimia, jurusan Teknik Kimialah pilihan paling tepatnya.

Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Jurusan Teknik Kimia.
  1. Tidak banyak kampus yang menawarkan jurusan Teknik Kimia, jadi peluangmu untuk terserap di pasar tenaga kerja semakin besar.
  2. Lulusan Teknik Kimia dibutuhkan di semua industri. Jadi, kebayangkan, kamu nggak akan jadi pengangguran deh, asalkan giat berusaha!
  3. Peluang untuk masuk ke industri minyak dan gas sangat besar peluangnya karena lulusan Teknik Kimia dibutuhkan dalam memulihkan minyak ataupun gas dari reservoir.
  4. Lulusan Teknik Kimia umumnya memiliki kemampuan supply chain management yang sangat baik sehingga menjadi nilai tambah untuk gabung pada perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG).
  5. Selain bidang keteknikan, Teknik Kimia juga bisa memperkuat divisi penjualan dan pemasaran di suatu perusahaan.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Kimia

Diberbagai industri dan perusahaan produksi pasti membutuhkan tenaga ahli dibidang Teknik Kimia yang berguna untuk studi kelayakan zat kimia yang terkandung agar tidak merugikan si konsumen.

Luasnya bidang pembelajaran di Teknik Kimia membuat prospek kerja bagi Sarjana Teknik Kimia sangat luas. Nggak heran kalau lulusan Teknik Kimia banyak dibutuhkan oleh industri energi terbarukan, industri minyak dan gas, industri pengolahan limbah, industri kimia, industri obat, industri pangan, industri perancangan alat, maupun instansi pemerintah. Gaji yang ditawarkan pun tentu saja bisa dibilang cukup menjanjikan.

Karier di sektor migas kerap menjadi pilihan utama bagi lulusan jurusan Teknik Kimia. Beberapa saat belakangan ini bidang pekerjaan Engineering, Procurement, Construction & Commissioning (EPCC) juga cukup menarik minat lulusan jurusan ini.

Karena EPPC erat banget kaitannnya sama perancangan pabrik. Pas banget deh untuk mengimpletasikan ilmu yang kamu dapetin selama kuliah. Meskipun begitu, pada dasarnya banyak sekali potensi yang bisa kamu kembangkan dengan mencoba untuk bekerja di sektor lainnya mulai dari pendidikan hingga sektor kreatif. Berikut berapa pilihan karier yang bisa kamu coba:
  • Bagian Operasional dan Logistik
  • Bagian Pengendalian Mutu Produk dan Kesehatan
  • Peneliti dan Teknisi Kimia
  • Teknisi Tambang, Minyak, dan Material
  • Teknisi dan Operator Pabrik
  • Bagian Perencanaan, Pengembangan, dan Penelitian Produk Bioteknologi
Baca juga :

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.