Notification texts go here Contact Us Buy Now!

Mengenal Jurusan Teknik Lingkungan

Jurusan Teknik Lingkungan adalah bidang ilmu yang mempelajari berbagai permasalahan lingkungan dan solusinya seperti konservasi sumber daya air,
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
Teknik Lingkungan

Deskripsi Jurusan Teknik Lingkungan

Jurusan Teknik Lingkungan adalah bidang ilmu yang mempelajari berbagai permasalahan lingkungan dan solusinya seperti konservasi sumber daya air, pengelolaan lingkungan, pengendalian pencemaran akibat limbah dan lainnya. Contoh permasalahan lingkungan yang sering kita temui saat ini misalnya pencemaran udara dan air di area industri, kurangnya akses air bersis di pemukiman padat penduduk, atau timbunan sampah yang tidak tertanangani dengan baik.

Selain belajar untuk mengatasi permasalah tersebut , kamu juga belajar memprediksi masalah lingkungan yang berpotensi timbul di masa depan, dan berupaya untuk melakukan usaha pencegahannya.

Jurusan Teknik Lingkungan sendiri kini berada di bawah Fakultas Teknik, di beberapa institusi jurusan ini diletakkan dibawah departemen Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Biologi, Fakultas Teknologi Mineral, bahkan Fakultas Pertanian. Pada dasarnya, ilmu-ilmu yang dipelajari di jurusan teknik lingkungan sangat berkaitan erat dengan kesehatan lingkungan. Di teknik lingkungan, mahasiswa akan belajar bagaimana caranya untuk mencegah penyakit dan menjaga kesehatan lingkungan dengan teknik & teknologi.

Kemampuan dan Keahlian yang Harus Dikuasai Sebelum Memilih Jurusan Teknik Lingkungan

  • Experimental skill
  • Design abilities
  • Kemampuan meneliti
  • Kemampuan melakukan analisis
  • Kemampuan mengaplikasikan matematika, sains, dan rekayasa
  • Kemampuan bekerja secara tim

Mengapa Harus Memilih Jurusan Teknik Lingkungan ?

Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Teknik Lingkungan.
Jurusan yang ada dibawah naungan Fakultas Teknik ini sebagai pilihan untuk kuliah dikarenakan prospek kerja yang baik. Itu dikarenakan pelajaran-pelajaran yang dipelajari di Fakultas Teknik banyak diterapkan di bidang yang berbeda-beda seperti pembangunan, industri, elektronika, R&D (Research & Development), industry pangan dll. Jurusan inipun cocok bagi kamu yang suka merawat lingkungan. Selama studi akan diajarkan cara merawat dan memanfaatkan kondisi lingkungan melalui pengelolahan limbah.
  1. Ilmu yang kamu pelajari di jurusan Teknik Lingkungan sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari, jadi kamu tidak hanya memberi manfaat untuk diri sendiri tapi juga banyak orang. Karena kamu bisa menciptakan lingkungan yang baik untuk semua orang.
  2. Permasalahan lingkungan yang semakin banyak juga peraturan lingkungan yang semakin diperketat membuat instansi pemerintah dan swasta berlomba-lomba mendapatkan ahli lingkungan terbaik. Jadi, jangan khawatir ya Quipperian soal prospek kerja lulusan Teknik Lingkungan.
  3. Kalau ingin menjadi abdi negara, kamu bisa bergabung dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perindustrian, Kementerian PUPR, Kementerian ESDM, atau instansi lainnya.
  4. Perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, petrokimia, perkebunan, dan lainnya juga sangat membutuhkan lulusan Teknik Lingkungan.
  5. Kamu yang memiliki jiwa petualang bisa juga bekerja sebagai petugas konservasi alam yang bertanggung jawab melindungi, mengelola dan meningkatkan kualitas lingkungan padang rumput, hutan, gunung, sungai, bahkan habitat laut. Kamu akan memainkan peran dalam memberikan pemahaman ke masyarakat tentang pentingnya lingkungan alam. 

Prospek Kerja Jurusan Teknik Lingkungan

Lingkungan Indonesia banyak tercemar oleh limbah-limbah pabrik. Maka dengan demikian, lulusan Teknik Lingkungan sangat dibutuhlan untuk memberikan solusi perawatan lingkungan.

Bagaimana prospek kerja Lulusan Teknik Lingkungan? Tenang saja, karena sarjana Teknik Lingkungan memiliki banyak sekali peluang karier yang menjanjikan. Hampir seluruh sektor membutuhkan tenaga ahli lingkungan, mulai dari pertambangan, perkebunan, sampai industri makanan dan minuman. Perusahaan-perusahaan biasanya membutuhkan lulusan Teknik Lingkungan untuk mengelola limbah, mengolah air, juga memastikan keselamatan dan kesehatan para pekerja.

Di sektor pemerintahan misalnya di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pertanian, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Kelautan, dan juga kantor-kantor dinas di tingkat provinsi atau kabupaten kota.

Lalu di sektor swasta sangat banyak perusahaan besar yang membutuhkan lulusan Jurusan Teknik Lingkungan. Beberapa bidang industri tersebut seperti pertambangan, perminyakan, makanan, tekstil, petrokimia, dll. Adapun nama perusahaannya seperti PT Pertamina, Antam, PT Adaro Indonesia, PT Freeport Indonesia, PT Chevron Pacific Indonesia, PT Krakatau Steel, dll.

Secara umum, rata-rata gaji awal lulusan teknik lingkungan berada pada kisaran Rp4.000.000, dengan mempertimbangkan kemampuan, area tempat bekerja, tingkatan pekerjaan, dan pengalaman yang dimiliki. Kamu juga bisa mengembangkan potensimu di sektor lain yang membutuhkan semua disiplin ilmu seperti perbankan dan media. Berikut ini beberapa pilihan karier yang bisa kamu coba:
  • Peneliti dan Teknisi Kimia
  • Teknisi Konservasi Lingkungan
  • Peneliti Bioteknologi
  • Ahli Bioteknologi
  • Dosen
  • Ekonom

Baca juga :

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.