Notification texts go here Contact Us Buy Now!

Mengenal Jurusan Teknik Mesin

Teknik Mesin adalah salah satu bidang penerapan dari prinsip-prinsip dalam ilmu fisika, jurusan teknik mesin
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
Jurusan Teknik Mesin

Deskripsi Jurusan Teknik Mesin

Hampir semua manusia yang hidup pada saat ini tidak pernah lepas dari interaksinya dengan mesin, sepeda, motor, mobil, kapal, pesawat adalah mesin, bahkan komputer pada dasarnya adalah mesin. Mesin-mesin yang kita nikmati manfaatnya pada hari ini adalah produk dari Teknik Mesin.

Teknik Mesin adalah salah satu bidang penerapan dari prinsip-prinsip dalam ilmu fisika, jurusan teknik mesin di perguruan tinggi adalah cabang dari ilmu teknik yang mempelajari energi dan sumbernya untuk analisis, desain, manufaktur dan pemeliharaan suatu sistem mekanik. Sistem mekanik tersebut dapat berupa kendaraan, pesawat, pabrik industri, mesin industri, peralatan rumah tangga dan lain sebagainya.

Jurusan Teknik Mesin tidak melulu soal mesin motor, mobil, dan kegiatan perbengkelan lainnya, Tapi kamu juga akan belajar hal-hal terkait konversi energi, konstruksi dan perancangan, teknik produksi, juga material. Memang benar sih, secara umum kamu akan mempelajari mesin dengan menggunakan dasar fisika dan matematika, seperti pergerakan mesin, aliran air untuk mesin, material dan desain mesin, elemen penting seperti roda gigi dan sumber mata air, metode pengolahan, metode produksi, pengendalian melalui komputer, dsb.

Kemampuan dan Keahlian yang Harus Dikuasai Sebelum Memilih Jurusan Teknik Mesin

  • Pemahaman fisika
  • Pemahaman matematika
  • Pemahaman gambar 2D dan 3D
  • Kemampuan menggambar teknik
  • Kemampuan mengoperasikan AutoCad
  • Kemampuan bekerja dalam tim
  • Kemampuan meneliti
  • Kemampuan melakukan analisis

Mengapa Harus Memilih Jurusan Teknik Mesin ?

Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Jurusan Teknik Mesin.

Jurusan Teknik Mesin ini cocok untuk kalian suka dengan hal yang berbau-bau mesin dan doyan mengotak-ngatik mesin

  1. Industri otomotif sangat memerlukan lulusan Teknik Mesin untuk merancang kendaraan bermotor.
  2. Begitu pula dengan industri kedirgantaraan yang memerlukan Sarjana Teknik Mesin untuk merancang dan merakit pesawat terbang. Namun, beberapa kampus telah menawarkan jurusan yang spesifik untuk memenuhi kebutuhan industri ini, yaitu jurusan Teknik Mesin Dirgantara.
  3. Perusahaan-perusahaan di industri manufaktur dan otomatisasi juga nggak kalah butuh lulusan Teknik Mesin.
  4. Lulusan Teknik Mesin memiliki peranan penting dalam menciptakan alat yang sesuai dengan kebutuhan bioteknologi.
  5. Ilmu dan pengetahuan seputar konversi energi yang kamu dapat di bangku kuliah akan jadi nilai jual yang sangat tinggi, mengingat banyaknya perusahaan yang berlomba menciptakan alat dari sumber energi terbarukan untuk membantu aktivitas manusia.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Mesin

Orang awam menilai bahwa lulusan Teknik mesin akan bekerja di bengkel otomotif. Faktanya, lulus dari Teknik Mesin kamu akan banyak menghabiskan waktu untuk bekerja di balik komputer sebagai engineer, maintenance planner, ataupun designer. Karena perusahaan-perusahaan di industri otomotif, kedirgantaraan, manufaktur dan otomatisasi, bioteknologi, maupun minyak dan gas membutuhkanmu dalam melakukan perancangan produk tertentu.

Lingkup kegiatan Teknik Mesin pada saat ini sudah mencakup hampir semua aspek peralatan dan proses yang ada. Seorang sarjana Teknik Mesin dapat berperan di bidang pembangkitan, pemanfaatan, dan konservasi energi seperti di Pembangkit Listrik, perancangan sistem pemanas, pengondisi udara, pendingin, dan kriogenika. Selain itu, seorang sarjana Teknik Mesin dapat pula berkiprah di bidang transportasi, industri otomotif, industri proses kimia, petrokimia, semen, minyak & gas, dll, pertambangan, serta industri peralatan rumah tangga.

Jadi peluang karier untuk lulusan Teknik mesin sangat besar, Jenis dan jenjang karier yang ditawarkan pun cukup bervariasi. Begitu pula dengan gaji yang kompetitif untuk entry level. Berikut ini beberapa bidang karier yang bisa kamu pilih setelah lulus dari Teknik Mesin:

  • Mekanik Pesawat
  • Bagian Perencanaan Produk Otomotif
  • Mekanik Mobil
  • Perancang dan Teknisi Mesin
  • Teknisi dan Operator Pabrik
  • Teknisi Robot (Robot Engineer)

Baca juga :

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.