Notification texts go here Contact Us Buy Now!

Universitas Sebelas Maret (UNS)

Pada tanggal 11 Maret 1976, dengan dibacanya Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia tentang pembukaan Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret,
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated

(Abu Alim Masykuri, 1977)
"Kebeningan matahari pagi tanggal 11 Maret 1976, hari Kamis Kliwon, menambah cerah dan semaraknya sepanjang jalan tengah alun-alun utara Solo hingga sampai di Siti Hinggil. Hiasan warna warni dari kain dan janur, permadani merah bersih yang tergelar mulai dari Pegelaran sampai di Siti Hinggil dan terpugarnya wajah bangunan Siti Hinggil sendiri, menjadikan tempat upacara.”

Sejarah Singkat Universits Sebelas Maret

Sebelas Maret jam 10.00 pagi, dengan dibacanya Keputusan Presiden Republik Indonesia tentang pembukaan “Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret”, maka Universitas Sebelas Maret (UNS) resmi berdiri sebagai Perguruan Tinggi Negeri di Solo. Pemandangan yang meriah meramaikan peresmian universitas negeri yang telah ditunggu kelahirannya sejak lama itu. Cikal bakal UNS sendiri dapat dirunut jejaknya dari 1950-an.

Pada masa itu, Solo telah memiliki keinginan untuk mendirikan sebuah universitas negeri sendiri, mengingat kota lain telah memiliki universitas yang umurnya bahkan telah mencapai puluhan tahun. Namun, akibat perang, penyatuan pemerintahan, kekeruhan arus politik, ekonomi rakyat rusak, dan lain-lainnya, universitas negeri di Solo belum dapat diwujudkan.

Pada 1953, setelah semua kekacauan berakhir, timbul keinginan mewujudkan universitas itu kembali. Hal ini mengingat Solo sebagai pusat kebudayaan Jawa asli, serta terdapat potensi yang besar di lapangan perguruan, baik tenaga pengajar dan siswanya. Panitia pendirian universitaspun dibentuk, dengan ketua Mohammad Saleh, Wali Kota Solo saat itu. Hanya saja, usaha ini gagal sebelum sempat dimulai.

Penyebabnya adalah tidak adanya sumber keuangan baik dari pemerintah daerah dan pusat, timbulnya keinginan sementara golongan untuk mendirikan universitas swasta secara sendiri-sendiri, dan kurang mendapat simpati beberapa orang dari Universitas Gajah Mada. Adanya hambatan dan pembangunan yang sedang dilakukan di Kota Solo membuat gagasan pendirian itupun lenyap. Hal itu ditambah pula dengan kegaduhan politik antarpartai yang berebut kekuasaan di pemerintahan.

Sepuluh tahun kemudian, pada 1963, mendadak muncul Universitas Kota Praja Surakarta (UPKS). Universitas ini diinisiasi oleh pemerintah daerah kala itu, yang dipimpin oleh Utomo Ramelan. Di masa ini pula, Partai Komunis tengah tumbuh dengan baik. Berbagai lini kehidupan juga terpengaruh keadaan itu. Begitu pula dengan UPKS, ilmu tentang sosialisme berkembang di dunia pendidikan universitas. Umur universitas ini juga tidak lama. Saat peristiwa G30 S pecah di Indonesia, universitas ini pun akhirnya terkubur karena semua hal yang berbau sosialisme/komunisme kemudian dilarang.

Ide pendirian kembali muncul pada 11 Januari 1968, saat R. Kusnandar menjabat sebagai walikota pada saat itu. Ia kemudian membentuk panitia pendiri, namun sama seperti panitia sebelumnya, panitia ini juga gagal mewujudkan ide tersebut. Penyebabnya juga masih sama seperti sebelumnya, pemerintah pusat tidak bisa mendanai gagasan pendirian PTN baru di Solo dan juga minimnya perekonomian daerah saat itu.

Di saat yang hampir bersamaan, pada 1966, Universitas Nasional Saraswati pun mengajukan dirinya untuk menjadi universitas negeri. Hal itu diperbolehkan oleh menteri. Kemudian, beserta universitas swasta dan kedinasan lainnya, sekumpulan universitas ini menjadi satu universitas baru bernama Universitas Gabungan Surakarta (UGS). Pada 1 Juni 1975, delapan universitas yang tergabung dalam UGS resmi didirikan. Kedelapan universitas itu adalah : STO Negeri Surakarta, PTPN Veteran Surakarta, AAN Saraswati, Universitas Cokroaminoto, Universitas Nasional Saraswati, Universitas Islam Indonesia cabang Surakarta, Universitas 17 Agustus 1945 cabang Surakarta, dan Institut Jurnalistik Indonesia Surakarta.

Pada penghujung Desember 1975, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan meninjau UGS dan memastikan bahwa pada 11 Maret 1976, UGS akan dinegerikan.

Selanjutnya, UGS akan digabung dengan perguruan tinggi negeri dan swasta lain untuk membentuk universitas negeri di Solo. Perguruan tinggi tersebut adalah: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri, Sekolah Tinggi Olahraga, Akademi Administrasi Niaga Negeri yang sudah diintegrasikan ke Akademi Administrasi Niaga Negeri di Yogyakarta, Universitas Gabungan Surakarta, Fakultas Kedokteran P. T. P. N. Veteran cabang Surakarta. Universitas tersebut terdiri atas 9 fakultas, yaitu: Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan, Fakultas Sastera Budaya, Fakultas Sosial Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Pertanian serta Fakultas Teknik.

Dengan tuntasnya persiapan, akhirnya Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret resmi berdiri pada 11 Maret 1976. Sejak tahun 1977, UNS memiliki kampus induk terpadu di Kentingan, Jebres, Surakarta seluas + 60 ha yang diperoleh dari Walikota Surakarta melalui Surat Keputusan Walikota Surakarta tanggal 18 Oktober 1976 nomor 238/Kep/T3/1976. Dalam perkembangannya, pada tahun 1982 nama dan singkatan Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret Surakarta (UNS Sebelas Maret), ditetapkan menjadi Universitas Sebelas Maret yang disingkat UNS. Perubahan nama dan singkatan ini diresmikan dengan Keputusan Presiden RI No. 55 Tahun 1982.

Profil Universitas Sebelas Maret (UNS)

Nama Universitas Universitas Sebelas Maret (“UNS”)
Peraturan Presiden Nomor 55 tahun 1982
Tahun Berdiri 11 Maret 1976
Alamat Jalan Ir. Sutami 36 Kentingan, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia 57126
Telepon (+62)271-646994
Faximile (+62)271-646655
Email campus@mail.uns.ac.id
Website https://uns.ac.id/id (Bahasa Indonesia)
https://uns.ac.id/en (English)
Social Media Blog : http://civitas.uns.ac.id
Facebook : Universitas Sebelas Maret
Twitter : @11MaretUniv
Instagram : uns.official
Youtube : Universitas Sebelas Maret
Linkedin : Universitas Sebelas Maret
Tiktok : @11maretuniv
Status Universitas Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH).
Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2020 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum. Tanggal 6 Oktober 2020.
Akreditasi Unggul.
Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 1634/SK/BAN-PT/Ak.KP/PT/X/2022.
Tanggal 11 Oktober 2022.
Mahasiswa Registrasi 46.227
(Sumber: Bagian Akademik dan Kemahasiswaan, Dokumentasi 19 September 2022)
Fakultas dan Sekolah 13 Fakultas, 1 Sekolah Vokasi dan 1 Pascasarjana
Jenjang Studi 21 Program Doktor
45 Program Magister
14 Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS)
1 Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) 2
6 Program Profesi
71 Program Sarjana
24 Program Sekolah Vokasi
Coordinate @-7.5576139,110.8557427,17z

Visi, Misi, Tujuan dan Budaya Kerja

Visi

Menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang unggul di tingkat internasional dengan berlandaskan pada nilai luhur budaya nasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang menuntut pengembangan diri Dosen dan mendorong kemandirian Mahasiswa dalam memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap;
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berbasis pada penemuan baru di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni; dan
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat yang berorientasi pada upaya pemberdayaan masyarakat.

Tujuan Kerja

  1. Menciptakan lingkungan yang mendorong Warga Kampus UNS mengembangkan kemampuan diri secara optimal;
  2. Menghasilkan lulusan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi luhur, cerdas, terampil, mandiri, dan sehat jasmani, rohani, dan sosial;
  3. Menciptakan wahana pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdaya guna dan berhasil guna;
  4. Mendiseminasikan hasil pendidikan dan pengajaran serta penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sehingga terjadi transformasi berkelanjutan untuk kehidupan yang lebih sejahtera;
  5. Mengembangkan nilai luhur budaya nasional sebagai salah satu landasan berpikir, bersikap, dan berperilaku dalam kehidupan;
  6. Mewujudkan pranata kehidupan yang beradab menuju terciptanya masyarakat yang tertib dan damai;
  7. Menciptakan kehidupan berbangsa dan bernegara yang berdaulat, bersatu, adil, dan makmur; dan
  8. Menjadikan UNS sebagai universitas bereputasi internasional.

Nilai Dasar

  1. Keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa;
  2. Kejujuran, kebenaran, dan keunggulan ilmiah untuk perkembangan budaya dan peradaban, kepeloporan, kejuangan, ketulusan, dan keikhlasan pada proses pencerdasan dan pengembangan kehidupan bangsa yang berbudaya luhur;
  3. Keadilan, demokrasi, kebebasan akademik, dan keterbukaan;
  4. Pengembanganyang berkelanjutan;
  5. Kemitraan dan kesederajatan;
  6. Nonkomersial dan nonliberal; dan
  7. Manfaat bagi masyarakat, bangsa, negara, dan kemanusiaan.

Budaya Kerja

  1. Orientasi berprestasi;
  2. Mengutamakan kepuasan pengguna jasa;
  3. Kerja sama;
  4. Integritas,
  5. Berwawasan ke depan; dan
  6. Kewirausahaan

Dalam rangka mewujudkan Visi, Misi, Tujuan, dan Nilai Dasar tersebut, seluruh sivitas akademika sepakat untuk menggelorakan semangat bersama UNS BISA “Berbudaya Kerja UNS ACTIVE, Internasionalisasi, Sinergi, Akselerasi menuju World Class University”.

UNS sejak didirikan tahun 1976 sampai sekarang telah mengalami berbagai dinamika perkembangan dan telah melakukan berbagai usaha untuk menjadi salah satu perguruan tinggi yang ternama. Berbagai program, kebijakan dan kegiatan telah dilakukan secara berkesinambungan untuk menghadapi tantangan perubahan global yang terus melaju cepat, dinamis, interdependen dan kompleks.

UNS saat ini telah menjadi salah satu universitas negeri terpandang di Indonesia dan makin memantapkan langkahnya menuju World Class University (WCU). Hal ini telah dibuktikan dengan berbagai prestasi membanggakan baik di tingkat nasional maupun di tingkat internasional.

Berbagai langkah yang ditempuh dalam rangka meningkatkan kapasitas UNS sebagai perguruan tinggi yang otonom, akuntabel, dan berdaya saing tinggi telah dilakukan sejalan dengan diperolehnya pengakuan menjadi Instansi Pemerintah yang menerapkan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU) berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 52/KMK.05/2009 tanggal 27 Pebruari 2009.

Pada tahun 2020, pemerintah telah memberikan keleluasaan dan fleksibilitas bagi UNS, baik saat akan membuka Program Studi (Prodi) baru, maupun dalam pengelolaan keuangan dan aset. Ditandai dengan ditetapkannya Universitas Sebelas Maret sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH). Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2020 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum. Tanggal 6 Oktober 2020.

Salah satu langkah konkret yang ditempuh dalam rangka mewujudkan good corporate university adalah dengan diterapkannya budaya kerja “UNS ACTIVE”, yaitu:

  • Achievement orientation
  • Kemampuan untuk bekerja dengan baik dan berusaha melampaui standar prestasi yang ditetapkan, berorientasi pada hasil dan terus menerus melakukan upaya untuk meraih keunggulan.

  • Customer satisfaction
  • Kemampuan untuk membantu atau melayani orang lain atau memenuhi kebutuhan pengguna jasa, baik internal maupun eksternal

  • Team work
  • Kemampuan bekerja bersama orang lain, baik dalam tim besar maupun tim kecil dalam ruang lingkup institusi

  • Integrity
  • Satunya kata dengan perbuatan, kemampuan mendeskripsikan maksud, ide dan perasaan serta menerjemahkan seutuhnya ke dalam perbuatan yang dilandasi dengan ketulusan, kesetiaan, rasa tanggung jawab dan komitmen yang tinggi terhadap kemajuan organisasi selaras dengan visi dan misi UNS

  • Visionary
  • Kemampuan menetapkan sasaran baru ketika target yang ditetapkan telah tercapai dan berorientasi jangka panjang, termasuk kemampuan menyesuaikan perubahan lingkungan dan mudah menerima perubahan dalam institusi

  • Entrepreneurship
  • Kemampuan mengolah sumberdaya yang ada menjadi suatu produk dan jasa yang mempunyai nilai tambah dan mencari keuntungan/keunggulan dari peluang yang belum dikembangkan orang lain

    Daftar Fakultas di UNS (Universitas Sebelas Maret)

    1. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    2. Fakultas Hukum
    3. Fakultas Ilmu Budaya
    4. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    5. Fakultas Kedokteran
    6. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    7. Fakultas Keolahragaan
    8. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    9. Fakultas Pertanian
    10. Fakultas Seni Rupa dan Desain
    11. Fakultas Teknik
    12. Fakultas Psikologi
    13. Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data

    Beasiswa

    Anda dapat meng-update berbagai jenis beasiswa yang ditawarkan melalui situs resmi UNS karena jumlah penyedia beasiswa di universitas ini sangat banyak.

    Berikut beasiswa yang bisa didapatkan saat berkuliah di UNS:

    Nama Beasiswa Penjelasan Besaran Beasiswa
    Beasiswa Bidikmisi Beasiswa ini diberikan oleh pihak pemerintah. Syaratnya mulai dari minimal semester I dan IPK minimal 2,75. Rp700.000 per-bulan
    Beasiswa Riset Baznas Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa S1/S2/S3 yang sedang menyelesaikan skripsi/tesis/disertasi pada tahun 2020 S1 - Rp4.000.000
    S2 - Rp7.000.000
    S3 - Rp10.000.000
    Beasiswa Brilian Bank BRI Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa aktif jenjang S1 semester 4 – 8 dan memiliki IPK minimal 3.25 dari skala 4.00
    dan mampu mempertahankannya sampai dengan akhir semester.
    Biaya bantuan pendidikan per semester
    Beasiswa Djarum Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa S1/D4 Semester IV dengan IPK Minimum 3,20 sampai semester III dan aktif berorganisasi. -
    Beasiswa Bank Indonesia Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa S1 reguler UNS dengan IPK minimal 3,25 dan telah menyelesaikan minimal 40 sks/3 semester Rp500.000 per-bulan selama 1 tahun.

    Biaya Kuliah

    Biaya kuliah di UNS menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) berkeadilan. Besaran biaya UKT bagi mahasiswa jalur seleksi SNMPTN/SBMPTN sebesar Rp475.000-Rp21.815.000. Mahasiswa yang masuk melalui jalur seleksi mandiri dikenakan biaya pendidikan mulai dari Rp4.975.000-Rp21.815.000 dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) sebesar Rp5.000.000-Rp100.000.000 pada awal masuk kuliah.

    Berikut rincian UKT program Sarjana tahun ajaran 2022/2023 berdasarkan kelompok penghasilan (dalam rupiah):

    Jalur SNMPTN dan SBMPTN

    Fakultas atau Program Studi Kelompok UKT
    Kelas I-IV Kelas V-VIII
    Fakultas Ilmu Budaya 475.500-3.600.500 4.975.000-7.728.500
    Fakultas Seni Rupa dan Desain 475.500-3.850.000 5.975.000-9.089.500
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 475.500-5.575.500 5.775.500-10.117.500
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis 475.500-5.225.000 5.475.500-10.087.500
    Fakultas Ilmu Sosial dan Politik 475.500-3.775.500 4.975.500-6.986.500
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 475.500-5.925.500 5.225.000-12.615.500
    Fakultas Kedokteran 475.500-10.225.500 5.475.500-21.815.000
    Fakultas Teknik 475.500-4.975.500 5.975.500-12.110.500
    Fakultas Pertanian 475.500-4.975.500 5.475.500-10.087.500
    Fakultas Hukum 475.500-4.975.500 6.225.500-6.986.500
    Fakultas Keolahragaan 475.500-4.775.500 5.475.500-6.986.500

    Jalur Mandiri

    Fakultas/Program Studi Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) SPP Per-semester
    Terendah Tertinggi Terendah Terendah
    Fakultas Ilmu Budaya 5.000.000 15.000.000 4.975.000 7.728.500
    Fakultas Seni Rupa dan Desain 7.500.000 25.000.000 5.975.000 9.089.500
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 8.000.000 18.000.000 5.775.500 10.117.500
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis 10.000.000 40.000.000 5.475.500 10.087.500
    Fakultas Ilmu Sosial dan Politik 8.000.000 25.000.000 4.975.500 6.986.500
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 10.000.000 30.000.000 5.225.000 12.615.500
    Fakultas Kedokteran 10.000.000 100.000.000 5.475.500 21.815.000
    Fakultas Teknik 5.000.000 30.000.000 5.975.500 12.110.500
    Fakultas Pertanian 15.000.000 20.000.000 5.475.500 10.087.500
    Fakultas Hukum 10.000.000 40.000.000 6.225.500 6.986.500
    Fakultas Keolahragaan 10.000.000 20.000.000 5.475.500 6.986.500

    Alur Pendaftaran UNS

    Berikut informasi seleksi masuk TA 2023 yang dapat jadikan bahan acuan jika berminat melanjutkan studi lanjut di UNS.

    Baca juga :

    Post a Comment

    Cookie Consent
    We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
    Oops!
    It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
    AdBlock Detected!
    We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
    The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
    Site is Blocked
    Sorry! This site is not available in your country.